MENCARI KEADILAN DI NEGERI SENDIRI

Foto Delas Jupat.
Malam ini berbincang dg kawan" pekerja AMT pertamina yg menginap di aula DPC SPSI Bekasi, mereka melakukan long march dari Bandung menuju Jakarta dari jumat minggu lalu, 6 hari sudah melakukan perjalanan dalam rangka memperjuangkan keadilan dan hak"nya yg dg telah semena mena terserabut dan diakhiri dg pemutusan hubungan kerja yg dilakukan oleh perusahaan. Pekerja dari 11 depo di Indonesia berkumpul di Bandung utk memulai long march.
Salah seorang peserta aksi dari lampung menyebutkan bahwa ia harus menjual genset agar dapat bergabung dalam aksi kolektif ini. Sebuah kesadaran utk berjuang yg sungguh menyentuh sekaligus menampar kita semua yg berada dalam kondisi lbh baik, tp tidak cukup militan dalam mengambil peran dalam perjuangan melawan ketidakadilan ini.
Pembicaraan mengalir hangat dg berbagai topik, di tengah kesulitannya bahkan mereka msh dapat menyampaikan guyonan ringan. Pasca phk yg dialami mereka mendadak menjadi para pedagang, dg barang dagangan apa yg mereka punya utk bertahan hidup.
Perbincangan malam ini menjadi pemicu sekaligus penyemangat utk tetap melakukan sesuatu.
Tetap semangat kawan" AMT pertamina, semoga keadilan menyambut kawan" semua di ujung jalan long march ini. Semoga.
18 Oktober 2017
Hermansyah (PC SPKEP SPSI BEKASI)

Komentar