Mobilitas PC SP KEP SPSI Kab-Kota Bekasi

Kunjungan Kerja PC SP KEP SPSI Kab/Kota Bekasi (dok.fey)


Bertepat di kantor sekertariat SP KEP SPSI PT SUMI ASIH GROUP, ada agenda kunjungan kerja PC SP KEP SPSI Kab/Kota Bekasi dalam rangka silaturahim, konsolidasi, dan juga sebagai amanat MUSCAB yang dulu diadakan di Lembang, Bandung, Jawa Barat. PC diwakili oleh Bung Asep Opan, Mbak Tri (Bidang Pendidikan dan Organisasi), Bung Guntoro (Bidang Media dan Propaganda), dan Bung Ansarul Haq (Bidang Sosial Ekonomi).

PUK SP KEP SPSI dihadiri oleh 10 orang pengurus dan pada agenda kunjungan tersebut ada beberapa pemaparan yang patut kita ketahui. Hal ini sangat diperlukan mengingat agenda-agenda seperti ini layak untuk diinformasikan sebagai penyemangat dan menyadarkan kita akan pentingnya media informasi.

Menurut kami ada tiga garis besar yang selayaknya menjadi bahan pembicaraan kita pada kali ini.

1. Politisasi Media
 
konsolidasi sebelum rapat
Sebagaimana kita ketahui bahwa stigma masyarakat terhadap elemen-elemen buruh itu sangat tidak bersahabat. Blow up media nasional tentang buruh pasti selalu berbau negatif, entah itu demo yang rusuh, gak ada kerjanya, dan hal-hal negatif lainnya yang bahkan anggota buruh sendiri bisa jadi menanamkan pandangan negatif terhadap organisasi buruh itu sendiri.

“Dengan adanya bidang Media dan Propaganda, kami harap informasi-informasi yang kami beritakan akan membuat citra buruh tidak melulu negatif.” Tegas Bung Guntoro


Bidang media dan propaganda dari PC bertugas memberikan pemberitaan tentang dunia buruh, event, pendidikan, dll. Bukan seperti media-media nasional yang selalu memberitakan informasi negatif. Kami harap tidak ada yang berpikiran seperti itu dan semoga bisa tersadarkan bahwa demo hanyalah bagian kecil dari penyaluran aspirasi. Karena sejatinya tugas organisasi buruh itu membela, melindungi, dan menyejahterakan. Sehingga, agenda-agenda yang dilakukan adalah untuk kepentingan orang banyak, bukan untuk kepentingan sendiri.

2. Agenda Pendidikan dan Organisasi
serius mendengarkan pemaparan dari perwakilan DPC (dok.fey)

Pendidikan upah adalah event terdekat dari PC bidang pendidikan dan organisasi. Beberapa pendidikan telah diadakan oleh PC, seperti pendidikan kaderisasi, pendidikan laporan keuangan, pendidikan advokasi. Alhamdulillah dari PUK dan Bakor SP KEP SPSI PT SUMI ASIH GROUP ikut serta dalam agenda-agenda tersebut. Dengan harapan adanya sistem kaderisasi yang berkelanjutan sehingga kedepannya bisa lebih matang untuk menjadi pengurus. Begitupun nanti anggota yang terpilih menjadi BAKOR dan PUK pun akan mendapatkan pelatihan yang sama demi keberlangsungan organisasi ke depannya.

Minat dari PUK SP KEP SPSI PT SUMI ASIH GROUP sangat besar sekali terbukti setiap agenda pendidikan yang diadakan oleh PC pasti ada perwakilan dari PUK ataupun BAKOR. Disamping untuk partisipasi dalam agenda PC juga bertujuan untuk terus saling berusaha meningkatkan silaturahim dan komunikasi yang intens antara PC dan PUK. Dan tentunya yang paling penting adalah regenerasi kepengurusan dan kaderisasi organisasi.

3. Kemandirian Ekonomi
cinderamata dari PC ke PUK diwakili oleh ketua (dok.fey)

Bung Ansarul Haq menjelaskan bahwa tidak selamanya kita akan menjadi buruh. Maka perlu adanya inovasi dan solusi dalam membangun kesejahteraan buruh di masa yang akan datang.
Sebagai organisasi yang memiliki setiap elemen tanggung jawab sesuai departemennya, pastinya memiliki amanat untuk selalu menjalankan tugas dan kewajibannya. Tidak terkecuali untuk menyejahterakan anggotanya. Dengan acara apa? Salah satunya adalah kemandirian ekonomi.

Sebagai fasilitator dan juga inisiator, SPSI akan menyelenggarakan bazar buruh. Itu sebagian langkah kecil untuk meningkatkan daya usaha dari anggota buruh. Disamping itu juga, produk-produk hasil buatan buruh juga perlu dikembangkan. Entah itu handmade, barang jadi, ataupun jasa. Kemudian Bidang Sosial Ekonomi juga menjelaskan tentang korelasi upah dengan kesejahteraan yang merupakan hasil riset sehingga bisa menjadi bahan acuan atau referensi dalam menentukan sehat atau tidaknya pendapatan kita.

Informasi-informasi diatas adalah sebagian kecil yang bisa disampaikan. Adapun bagi yang ingin sharing dan belum puas dengan kinerja PUK, bisa datang ke sekertariat. Kami terbuka untuk siapapun bagi yang ingin saling bertukar pikiran.

*Ditulis oleh Ferry Aldina (Wakil Sekertaris I bidang Pendidikan dan Organisasi) PUK SPKEP SPSI PT. Sumi Asih

Komentar