Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 18, 2017

K3 dan Hak Dasar Pekerja

K3 dan Hak Dasar Pekerja. Tingginya angka kematian karena kecelakaan akibat kerja (KAK) dan penyakit akibat kerja (PAK), menurut data ILO pd thn 2013 ada 2,34 juta org pekerja meninggal krn KAK dan PAK, dan 2,02 juta org diantaranya meninggal krn PAK, data tsb akan semakin membengkak dg berbagai kecelakaan dan PAK yg terjadi pada anggota kita setiap hari yg tidak terekspos, tidak terdiagnosa, ditutupi dan tidak dilaporkan. K3 merupakan hak dasar bagi pekerja yg seharusnya tidak dipandang sbg isu 'pinggiran' dalam perjuangan Serikat Pekerja. Dan dalam tinjauan K3 setidaknya ada 3 hak fundamental yg harus didapatkan oleh pekerja: 1. Hak utk menolak pekerjaan yg tidak aman.
2. Hak utk mengetahui, semua hal menyangkut K3, bahaya" yg ada di tempat kerja, bagaimana menangani bahan" berbahaya, bagaimana sikap kerja yg aman, alat pelindung diri yg harus digunakan, dan bagaimana penanganan apabila terpapar bahan berbahaya tsb.
3. Hak utk berpartisipasi, di sinilah harusnya pen…

MENCARI KEADILAN DI NEGERI SENDIRI

Gambar
Malam ini berbincang dg kawan" pekerja AMT pertamina yg menginap di aula DPC SPSI Bekasi, mereka melakukan long march dari Bandung menuju Jakarta dari jumat minggu lalu, 6 hari sudah melakukan perjalanan dalam rangka memperjuangkan keadilan dan hak"nya yg dg telah semena mena terserabut dan diakhiri dg pemutusan hubungan kerja yg dilakukan oleh perusahaan. Pekerja dari 11 depo di Indonesia berkumpul di Bandung utk memulai long march. Salah seorang peserta aksi dari lampung menyebutkan bahwa ia harus menjual genset agar dapat bergabung dalam aksi kolektif ini. Sebuah kesadaran utk berjuang yg sungguh menyentuh sekaligus menampar kita semua yg berada dalam kondisi lbh baik, tp tidak cukup militan dalam mengambil peran dalam perjuangan melawan ketidakadilan ini. Pembicaraan mengalir hangat dg berbagai topik, di tengah kesulitannya bahkan mereka msh dapat menyampaikan guyonan ringan. Pasca phk yg dialami mereka mendadak menjadi para pedagang, dg barang dagangan apa yg mereka pu…

kunjungan kerja ke PUK SPKEP SPSI PT.DUNLOPILO

Gambar
Rabu, 18 Oktober 2017 Jam 13:20 s/d 16:00 wib Sebagai bagian dari pelaksanaan program kerja PC SPKEP SPSI Tahun 2017, Agenda PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi hari ini adalah melakukan kunjungan kerja ke PUK SPKEP SPSI PT.DUNLOPILO yang berlokasi di daerah Alexindo Bekasi. Dalam kunjungan kali ini Sdr.Eko Suroyo selaku Ketua dan Sdr.Mujiman selaku Sekretaris PUK SPKEP SPSI PT.Dunlopilo menyampaikan banyak hal terkait kondisi ketenagakerjaan yang ada di PT.Dunlopilo, antara lain:
1.Terkait Masa Berlaku PKB PT.Dunlopilo yang telah berakhir pada tgl 30 April 2017.
2.Tentang Perundingan pembaharuan PKB yang masih belum berjalan sesuai harapan.
3.Tentang kondisi perusahaan yang relatif masih belum membaik.
4.Persoalan terkait pekerja kontrak (PKWT).
5.Tentang implementasi pelaksanaan PKB yang sering dilanggar oleh perusahaan.

MUSNIK AW FABER CASTELL

Gambar
Sabtu, 14 Oktober 2017 Jam 08:30 s/d 10:30 Wib Acara Pembukaan Musnik VI PUK SPKEP SPSI PT.AW-Faber Castell Indonesia (AW-FCI) bertempat di Ruang Meeting PT.AW-FCI yang beralamat di Jalan Raya Narogong Pangkalan 1B Bantar Gebang Bekasi.
Adapun agenda pembukaan Musnik VI PT.AW-FCI adalah:
1.Pembukaan
2.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3.Mengheningkan Cipta
4.Pembacaan Panca Prasetya
5.Laporan Ketua Panitia Musnik VI
6.Sambutan PUK SPKEP SPSI PT.AW-FCI periode 2014-2017
7.Sambutan Pimpinan Perusahaan
8.Sambutan PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi sekaligus membuka acara Musnik VI PT.AW-FCI
9.Doa Penutup
10.Ramah tamah Hadir dalam acara pembukaan musnik VI PT.AW-FCI Bpk.Anton Hadibowo selaku HRD Manager PT.AW-FCI dan dari Pimpinan Cabang (PC) SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi Bpk.Abdul Ghopur Muhammad.

Kunjungan Kerja PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi ke PUK SPKEP SPSI PT.Sinergi Mandiri Selaras (SMS/Aicool).

Gambar
Rabu, 11 Oktober 2017 Kunjungan Kerja PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi ke PUK SPKEP SPSI PT.Sinergi Mandiri Selaras (SMS/Aicool).
Dalam kunjungan kerja kali ini Sdr.Ulul Azmi selaku Ketua PUK SPKEP SPSI PT.SMS menyampaikan informasi mengenai rencana kerja PUK dalam waktu dekat ini sedang mempersiapkan darft Perjanjian kerja Bersama (PKB) yang pertama, adapun kendala yang dihadapi adalah sampai dengan surat permohonan perundingan PKB yang ke-2 pihak Perusahaan PT.SMS belum menanggapinya. Adapun dari pihak perusahaan PT.SMS memberikan alasannya karena sampai saat ini draft PKB versi perusahaan belum selesai dikerjakan oleh Lawyer dri pihak perusahaan.
Hadir dalam pertemuan kali ini juga Bpk.Anis selaku wakil kepala Pabrik PT.SMS dan Ibu Erna selalu HRD manager PT.SMS, adapun hal yang disampaikan oleh pihak perusahaan adalah terkait pentingnya peran serta Serikat Pekerja dalam membangun kesadaran anggota akan pentingnya peningkatan displin dan produktivitas kerja sehingga akan tercipta Trust…

Solidaritas Tanpa Batas SPKEP SPSI BEKASI

Gambar
Solidaritas Tanpa Batas... Tertanggal surat 30 September 2017, PUK SPKEP SPSI PT. NOK indonesia menyatakan Protes & siap bersolidaritas kepada salah satu Pengurus PUK SPKEP SPSI PT. seoilindo Primatama atas di PHK sepihaknya Ketua PUK Sdr. Edi Riyanto seperti yg tertuang dalam surat protes yg kami sampaikan. Demikian Surat Protes ini ditujukan kepada Pimpinan Perusahaan PT. Seoilindo Primatama dan jg ditembuskan kepada beberapa pihak antara lain :
1. Walikota Kota Bekasi.
2. DPRD kota Bekasi.
3. Kepala Disnaker Kota Bekasi.
4. PD SPKEP SPSI propinsi Jawa Barat.
5. PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi.
6. PUK SPKEP SPSI PT. Seoilindo Primatama. Dengan harapan ada tekanan dari pihak-pihak terkait untuk dapat segera menyelesaikan permasalahan PHK sepihak oleh management PT. Seoilindo Primatama terhadap Ketua PUK SPKEP SPSI PT. Seoilindo Primatama Sdr. Edi Riyanto agar dapat dipekerjakan kembali sebagaimana mestinya. Kami segenap Pengurus PUK & anggota PUK SPKEP SPSI PT. NOK Indonesia menyata…

KUNJUNGAN KE CMD

Gambar
Rabu, 4 Oktober 2017 Jam 10:20 wib Sebagai pelaksanaan program kerja tahun 2017, PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi hari ini melakukan kunjungan kerja ke PUK SPKEP SPSI PT.Cahaya Merah Delima (CMD) yang beralamat di Jl.Terusan Kalimalang No.9 , Cibitung Bekasi. Hadir dalam pertemuan kali ini Bpk.Fransiscus CB selaku HRD Manager PT.CMD, ada hal yang menarik dari Bpk.Framsiscus CB adalah ternyata beliau adalah mantan Bakor (Badan Koorsinasi) di Serikat Pekerja sebelum beliau menjadi HRD Manager di PT.CMD.
Bung Moch.Romdon selaku Ketua PUK SPKEP SPSI PT.CMD menyampaikan informasi perkembangan organisasi dan juga kondisi terkini perkembangan perusahaan PT.CMD. walaupun kondisi produksi perusahaan terjadi penurunan kapasitas sekitar 50% tapi tidak terjadi effisiensi terhadap pekerjanya malahan perusahaan sedang melakukan training kepada pekerja untuk penggangkatan pekerja menjadi pekerja tetap. Bravo PUK SPKEP SPSI PT.CMD...!!
Bangun terus situasi hubungan industrial yang positif dengan pihak pe…

PEMILIHAN PEMIMPIN BARU PUK SPKEP SPSI MILAN KERAMIK

Gambar
Selasa, 3 Oktober 2017
Kegiatan PC SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi dengan agenda menghadiri Musnik VI PUK SPKEP SPSI PT.Saranagriya Lestari keramik (SGLK/ Milan Keramik) bertempat di PT.SGLK yang beralamat di JL.Inspeksii Kalimalang KM.2 Desa Sukadanau, Cikarang Barat.
Dalam sidang paripurna musnik ini dilakukan proses perhitungan surat suara calon ketua PUK SPKEP SPSI PT.SGLK dengan hasil sebagai berikut:
1.Sanan = 313 Suara
2.Endang = 290 Suara
Suara tidak sah = 14 Suara Dengan demikian sdr.Sanan dinyatakan sebagai pemenangnya dan terpilih sebagai Ketua PUK SPKEP SPSI PT.SGLK Periode 2017-2020.
Hadir pula dalam perhitungan suara tersebut perwakilan dari pihak managemen PT.SGLK Bpk.Tri Kristianto selaku Plant Manager PT.SGLK. Setelah perhitungan suara selesai. Sidang paripurna diskor pada jam 14:00 wib s/d 15:00 wib utk agenda sidang tim formatur yang mempunyai tugas menyusun susunan pengurus PUK SPKEP SPSI PT.SGLK Periode 2017-2020.

rakercab PC SPKEP SPSI BEKASI

Kegiatan PC SPKEP SPSI hari Senin s/d Rabu, 18 - 20 September 2017 bertempat di Hotel Radiant, Lembang Bandung. Rakercab SPKEP SPSI 2017 merupakan salah satu agenda organisasi yang diamanatkan oleh AD/ART SPKEP SPSI, adapun agenda rakercab SPKEP SPSI 2017 ini adalah evaluasi kegiatan program kerja SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi dan menajamkan program kerja tahun 2018. Smoga Rakercab SPKEP SPSI Tahun 2017 mampu mewujudkan SPKEP SPSI berkelas dunia dengan 6 (enam) penguatan organisasi.

Senin, 18 September 2017 Jam 20:47 WIB Agenda Rakercab SPKEP SPSI Kab-Kota Bekasi 2017 malam ini dimulai dari Jam 20:00 WIB s/d 22:00 WIB dengan Agenda "Diskusi Panel" dengan Tema " Tantangan dan Arah Perjuangan Serikat Pekerja di Era Revolusi Industri 4.0" dengan Narasumber Indrasari Tjandraningsih peneliti dari AK3. Dalam paparannya Industri 4.0 adalah persaingan antara manusia dengan perkembangan dan kemajuan tehnologi.
Industri 4.0 adalah industri yang menggunakan: teknologi otomatisas…