DIGITALISASI DALAM PROGRAM KERJA MUSNIK

Musnik adalah Musyawarah Unit Kerja atau forum tertinggi organisasi Serikat Pekerja untuk menentukan arah kebijakan, memilih pemimpin bahkan bisa menjadi ajang membubarkan organisasi Serikat Pekerja selain itu merupakan amanat AD/ART SPKEP SPSI yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali pada tingkat Pimpinan Unit Kerja (PUK) untuk menentukan Kepengurusan 3 tahun yang akan datang, menetapkan Program kerja, Peraturan Organisasi sebagai penjabaran dari AD/ART dan Rekomendasi yang akan dijalankan Organisasi.

Tujuan yang paling Fundamental atas pelaksanaan Musnik yaitu harus mampu mewujudkan 3 (tiga) hal utama sebagaimana yang diamanatkan oleh AD & ART Federasi SP KEP, adalah sebagai berikut:

Pertama : Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus periode yang telah dilalui didepan sidang paripurna untuk dinilai serta diberikan pemandangan umum terhadap materi Laporan tersebut oleh peserta (anggota). yang kemudian dijadikan sebagai hasil Ketetapan/
Keputusan Musyawarah menurut tingkatannya.
Kedua : Membahas, menyusun dan menetapkan sebuah Rekomendasi Organisasi dan Program Kerja Organisasi.
Ketiga : Memilih secara langsung, bebas dan rahasia seorang Ketua untuk masa periode berikutnya secara demokratis dengan bersandar pada kriteria dan syarat yang telah ditentukan oleh Panitia musyawarah agar secara legitimate sesuai AD/ART Federasi SP KEP dan diterima oleh anggota mayoritas.
Dalam membahas, menyusun dan menetapkan sebuah Rekomendasi Organisasi dan Program Kerja Organisasi, idealnya menjadikan 6 Agenda Penguatan Organisasi sebagai rujukan dalam Program Kerja.
Salah satu dari Agenda penguatan Organisasi adalah : “Penguatan Administrasi dan Teknologi Informasi”, merupakan sesuatu yang tidak bisa ditunda dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Organisasi tentunya harus mulai menetapkan kebijakan yang nyata lewat Program Kerja dalam menghadapi era digitalisasi ini sehingga membuka ruang transparansi administrasi dan membuka ruang partisipasi aktif dari anggotanya lewat Media Teknologi yang tersedia saat ini.
Ada beberapa pilihan Teknologi Informasi yang bisa digunakan oleh Organisasi dalam mengembangkan pengorganisasian saat ini yang mudah diakses semua anggotanya.
Sehingga memungkinkan anggota semua terlibat dalam kegiatan organisasi, dan tidak kalah penting segala bentuk Informasi tentang Organisasi akan cepat diketahui.
Media tersebut bisa lewat Website, Yaitu Komunikasi online yang menggunakan Media Internet dalam pendistrbusiaannya, website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, Website juga mampu menampung semua informasi Administrasi dan bisa di akses ke seluruh Dunia.
Website Organisasi juga mampu menjadi Media Propaganda Positif bagi Organisasi, selain itu mempermudah Sistem Administrasi yang transparan, efisien dan up to date.
Sehingga tujuan Organisasi di tahun 2027 yaitu ” Wujudkan SPKEP SPSI Berkelas Dunia” mampu kita raih bersama dimulai dari tingkatan Perangkat Unit Kerja dengan 6 Agenda penguatannya.
6 Agenda penguatan Organisasi hasil MUNAS VII SPKEP SPSI 2017

Selain sebagai Media informasi banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dengan adanya Website yang dimiliki, tentu hal ini untuk menunjang kemajuan dari Organisasi.

Dari berbagai sumber…..
Dani(tim media PUK SPKEP SPSI PT NOK INDONESIA)
DIGITALISASI DALAM PROGRAM KERJA MUSNIK DIGITALISASI DALAM PROGRAM KERJA MUSNIK Reviewed by PC SPKEP SPSI BEKASI on March 09, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.